10 December 2011

Indahnya Perkawinan Dua Adat

Menikah dengan suku lain? Walaupun sama-sama dari Indonesia, tetap saja berbeda. Mulai dari tatacara, upacara adat dan pakaiannya. Siasatnya adalah menggunakan 2 adat tersebut secara bergantian. Akad nikah adat si perempuan, resepsi adat si laki-laki. Atau sebaliknya.

Tidak jarang pula terjadi beda pendapat dan mau menang sendiri saat memilih adat mana yang dipakai dalam perkawinan nanti. Biasanya sih.. yang 'menang' adalah yang paling banyak mengeluarkan dana untuk perkawinan tersebut. 

Sebenarnya tidak perlu repot dengan semua perbedaan ini. Wong sama-sama orang Indonesia. Kalau tidak mau repot, ambil jalan tengah saja. Cukup ambil cara pengesahan perkawinan sesuai agama yang dianut. Lalu untuk kostumnya, masing-masing bisa memakai baju adat sesuai dengan sukunya. Beres deh...!

Mungkin kesannya saya menggampangkan ya. Tapi itulah yang terjadi pada orangtua saya. Tidak perlu ada ribut-ribut dan perdebatan, keduanya bersanding memakai baju adat masing-masing. Tidak ada upacara adat yang berarti, hanya pengajian, akad nikah sesuai Islam dan resepsi. Kata ibu saya, saat memutuskan memakai dua pakaian adat ini, masing-masing kedua keluarga setuju-setuju saja. "Kata oma, mama nggak pantes pakai baju Jawa. Dan papa nggak pantes pakai baju Tapanuli Selatan". 

Jadilah mereka bersanding di pelaminan seperti ini...


Ah.. betapa indahnya perkawinan dua adat..

(Lila)

Catatan: cerita ibu saya, baju yang dipakai ibu saya adalah perpaduan adat Padang dan Mandailing Tapanuli Selatan. Keluarga ibu saya yang bermarga Lubis, tidak berani memakai baju adat Mandailing keseluruhan karena alasan adat. Kebetulan kakek dan nenek saya bermarga sama, Lubis. Seharusnya mereka tidak bisa menikah karena masih satu marga. Alasan inilah yang menyebabkan nenek saya tidak berani memakaikan baju adat Mandailing secara utuh kepada ibu saya.

3 comments:

  1. keren kaliiiiiiiii

    ReplyDelete
  2. wahhh... baruu pertama nih aku tau pengantinnya pakai baju adat yang beda.. tapi jadinya malah unikk ya mbak lilaa :))

    cantik mamahnya :**

    ReplyDelete