08 December 2011

Status

Status.

Ini tentang status di jejaring sosial. Kebetulan saya aktif di Facebook dan Blackberry Messanger. Tidak di Twitter.

Status disini berarti "judul" di halaman atau akun milik kita. Tentu saja untuk dibaca oleh orang lain.

Entah siapa yang mulai mempopulerkan kata status. Setahu saya, di Facebook, kolom untuk mengisi "status" ini diawali dengan pertanyaan "What's on your mind?" atau "apa yang ada di pikiranmu". Artinya sesuatu yang sedang ingin kita bagikan kepada orang lain, menyangkut apa yang sedang kita pikirkan, rasakan, atau juga bayangkan. Betul tidak?

Status ini akhirnyapun menjadi beragam. Ada yang memang menuliskan apa yang sedang dipikirkannya, seperti "sore ini mau makan apa ya?" atau juga sesuatu yang dirasakannya, contohnya "lagi kangen banget nih ama dia..."

Kalau sesuatu yang dibayangkan, mungkin akan muncul status seperti "kalau gue tajir, mau buka butik di mall ah!"

Status-status ini memang jadi penghibur buat saya. Juga jadi bahan tertawa, meledek dan pembahasan panjang dengan teman lain kalau memang isinya "seru". Status ini juga membuat beberapa orang iseng membuat ulasan tentang "sifat seseorang berdasarkan statusnya di jejaring sosial". (OMG, nggak ada kerjaan kali ya nih orang yang buat ulasan ini).

Status ini juga yang membuat saya sendiri kadang-kadang jadi semangat membuka facebook. Keinginan untuk membagi sesuatu dengan orang lain. Entah itu sifatnya pamer, mengeluh, narsis, ataupun bersifat menggurui.

Ah..jangan bicara soal status diri sendiri. Mari bicara soal status orang lain.

Status teman saya di facebook yang jadi favorit saya (untuk dicela atau diomongin) lumayan banyak. Mungkin lebih enak kalau dibuat secara berurutan yaa..

1. Yang mengutip ayat-ayat kitab suci, lengkap dengan ulasan panjangnya. Entah kenapa buat saya, soal pemahaman ayat sesuai agama yang dianut, tidak untuk ditulis dan dibahas di facebook.

2. Yang menulis setiap lokasi dimana dia pergi. Si A sedang ada di Restoran B di Mall C. 15 menit kemudian, statusnya ganti lagi. Si A sedang ada di toko kaset B di Mall C. Lalu berubah lagi. Si A sedang ada di bengkel F. Walah.... semua orang perlu tahu ya dia ada dimana? Kesian sekali dia nggak ada privacynya. 

3. Yang menuliskan kegiatannya secara rinci, termasuk hal-hal yang pribadi sekalipun. "Habis mandi, mau ke pasar dulu, setelah itu mau periksa mata dan makan ikan di pinggir kolam. Baru deh abis itu pipis". Hahahahhaha.... lebay ya perumpamaannya?

4. Yang selalu tidak puas dengan keadaan sekitarnya, tapi menggunakan kata-kata mutiara yang bikin pusing. "Seumpama dunia ini pintu surga, untuk apa kita mengeluhkan yang ada di depan mata. Langit tak juga merendah, rangkullah yang ada di depanmu". Hihihihi.... ini contoh aja lhooo..

5. Yang menuliskan dengan jelas, dia sedang bersama seseorang di suatu tempat. "Lagi sama  si C makan di D".

6. Yang senangnya memaki-maki. "Buset deh, gue hajar juga nih ni orang. Gak tau gue lagi kesel apa. Ganggu aja. F***!. Dan makian ini biasanya terus-terusan.

7. Yang menuliskannya dengan bahasa alay ala dia sendiri. "bzk mw bu2q dee mah k2q. Phi g da uwank. Trz gems y?" Duuuh!

8. Yang selalu mengutip lirik lagu. Bahkan sampai hampir satu lagu full! :)

9. Yang berdoa lewat statusnya. Doanya yang panjang lhooo.. "Ya Tuhan, terimakasih atas berkat karuniaMu kepadaku hari ini. Tuhan telah berikan baju baru dan sepatu tinggi kesukaanku. Memberikan dirinya yang baik sekali denganku. Dan menitipkan semua rejeki ini lewat tanganku."
Hmmmm....

10. Yang memanfaatkan link dari Twitter ke FB, lalu membuat yang membacanya jadi bingung (atau saya aja yang bingung ya..)
oiya lupa RT@Nunung @Nining @Nonong kamu lupa ya? @Neneng jadi ketemuan gak sih?..

Itu tadi 10 contoh status favorit untuk dicela. 

Kalau status yang saya suka? Mmm... biasanya yang tidak terlalu panjang dan bla bla bla. Kalaupun mau pamer, cara pamernya santai aja. Atau juga yang mengutip kata-kata bijak orang terkenal. Juga yang menuliskan beberapa informasi penting yang sebelumnya tidak kepikiran oleh saya. 
Contohnya nih ya...
"Pengennya sih mimpi indah malam ini".

"Ibuku cantik sekali hari ini"

"Habis gelap terbitlah terang (RA Kartini)"

"minum daun sirsak deh.. katanya sih buat mengobati kanker dan sakit jantung"

"Gue lagi happy. Yippppie"

"Jakarta macet. Selalu macet"

"Ketemuan ama temen SMP. Kangeeen!"

Apapun itu... status di FB atau BBM sekalipun memang menarik. Percaya deh... dengan membaca status teman, yang tadinya tidak terlalu akrab, bisa merasa menjadi sangat mengenal orang itu. Ya karena statusnya itu!

Selamat menulis dan membaca status yaa...

{Lila}

14 comments:

  1. haha. postingannya bagus mbak.
    saya malah jd pengen ikutan posting soal ini di blog saya. :)

    salam blog-walking!

    ReplyDelete
  2. keren mas infonya dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
  3. ok makasih buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  4. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
    Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
    Penasarankan Game nya Seperti apa???
    Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

    ReplyDelete
  6. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    ReplyDelete
  7. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    ReplyDelete
  8. ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  9. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
  10. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete