30 May 2011

The Dancing Hadji

Mohammad Majoeddin Lubis. Dokter ahli bedah. Lahir 12 Agustus 1907. Tanggal lahirnya dekat dengan saya, 10 Agustus. Ini adalah kakek saya. Beliau ini ayah dari ibu saya. Asalnya dari Tapanuli Selatan. Kakek saya ini, yang saya panggil Opa, seorang pria yang menarik. Senyumnya ramah. Beliau meninggal pada saat saya kelas 3 SD. Walaupun hanya mengenalnya tidak sampai saya dewasa, tapi saya selalu ingat saat-saat pergi dengan beliau.

Meskipun berdarah Tapanuli Selatan, tapi Opa (juga ibu saya), menghabiskan hidupnya lebih banyak di Bandung, setelah sebelumnya menetap di Banda Aceh (Koetaratja saat itu). Opa saya ini dokter ahli bedah dan masuk Angkatan Darat. Rumah terakhirnya ada di Jalan Ir.H.Juanda 104 Dago, Bandung. Saat ini, rumah tersebut sudah dijual dan menjelma menjadi toko sepatu Donatella. Prakteknya sendiri ada di Jalan Tubagus Ismail, Bandung.

Saya ingat, suatu hari saat saya sekeluarga berlibur ke Bandung (saat itu ayah saya sedang ditugaskan di Denpasar, Bali), Opa mentraktir kami cucu-cucunya makan steak. Ternyata kemarinnya, "Opa baru saja operasi kutil. Jadinya ada rejeki", ujar Opa saya. Baik sekali Opa saya ini, pikir saya dalam hati.

Opa juga aktif di perkumpulan Bumi Sangkuriang yang ngetop banget di jamannya. Perkumpulan ini berkegiatan macam-macam. Sosial, budaya, juga ada klub dansanya. "Opa dan Oma itu gaul orangnya", begitu cerita ibu saya.

Tidak heran, kalau bulan lalu saya menemukan sebuah agenda kecil ini. Covernya dari kulit hijau tua, dengan nama di emboss di depannya.


Bau bukunya khas buku tua. Saya lanjutkan membuka buku kecil yang lebih mirip agenda ini. Ada tulisan The Dancing Hadji. Hah.. the dancing hadji? 


Keinginantahuan saya semakin besar. Agenda berisi apa ya ini?

Ballroom dansen? Buku ini ditulis tangan oleh Opa. Dengan bahasa Belanda. Opa saya memang fasih berbahasa Belanda, karena beliau juga lulusan sekolah kedokteran Stovia. Ada apa di halaman selanjutnya?


dan ini...

Ya, ini buku kursus dansa Opa. Di Bumi Sangkuriang. Tuh lihat, ada gambar posisi tangan pria dan wanita saat dansa. Jenis-jenis tarian apa yang diikuti dan langkah-langkah berikut hitungannya. Semuanya ada.....

Ah, menyenangkan sekali membacanya. Sayang saya tidak fasih berbahasa Belanda, jadi tidak terlalu mengerti setiap kata yang Opa tuliskan disini. Kalau sekarang kita bisa dengan mudah membeli buku atau mencari apa-apa lewat internet, jaman Opa saya dulu, masih dengan sistem menulis tangan sendiri. 

Akhirnya.. ini dia the Dancing Hadji. My grandpa!


Dan ini kartu anggota klub nya..
So proud being your grandchild, Opa....

(Lila)

8 comments:

  1. super banget sih mbaaakk!!! wohooo!! sukaakk!! oooh.. dancing hadjiii.. saya ngefans sama opaa!!

    ReplyDelete
  2. hehehehe.... coba kalo masih ada ya, kita dansa sama-sama Opa ya.. :)

    ReplyDelete
  3. Iya...itu keinginan Opa ke cucu2 nya...katanya,kalo kita udah mahasiswa,kita mau di ajak dansa sama Opa ke Bumi Sangkuriang! Ha ha...makanya waktu Opa meninggal dan aku baru kls 6 SD,aku sedih,karena berarti ga bisa dansa sama Opa di ballroom.Hi hi hi...
    Inget ga waktu kita di titip sama Mama di Bandung,tiap malam apa Opa pergi dansa,dan kita di tinggal.Kalau pulang,Opa jenguk kita ke kamar(aku pasti belum tidur,tunggu Opa pulang).trus Opa bilang"nanti kalau Desi sudah mahasiswa,kita dansa sama2..."
    Emang tuh my Dancing Opa..

    ReplyDelete
  4. Kak Desi: lupa-lupa inget, tapi sayang ya si opa udah meninggal... Kalo gak, pasti Opa bakal jadi Opa yang funkeeee... :(

    ReplyDelete
  5. Looooove this posting sooo much!

    ReplyDelete
  6. Draoupads: pasti kamu suka sama agendanya. Dan tulisannya yang miring-miring. And Yes! I love the book sooo muuuuch!

    ReplyDelete
  7. mba Lila

    harta karun yang luar biasa :D

    ReplyDelete
  8. Dear Mbak Lila,

    Kenalkan nama saya Rosiany T Chandra. Sy anggota Bumi Sangkuriang dan aktif di komunitas dansa BS. Selain itu sy gemar menulis. Beberapa waktu yg lalu, komunitas dansa BS mengadakan outing ke Jkt. Sy ingin menuliskan cerita perjalanan ini ke buletin BS. Saat browsing sy menemukan harta karun yg anda tulis ini. Sy tertarik utk mempublikasikannya ke dalam bagian dari cerita yg saya tulis. Sy mohon ijin anda. Mohon menghub saya di hp 0816613133 atau via e mail jansiantjoa@gmail.com.
    Kita akan bicarakan lebih lanjut.
    Terima kasih
    salam

    ReplyDelete