22 April 2011

Ini Tentang Matryoshka

Matryoshka (atau Matroishka, Matreshka) adalah boneka bertumpuk atau boneka bersarang (nesting doll) dari Rusia. Boneka ini paling populer  pada seni rakyat Rusia. Seluruh dunia mengenal boneka ini. Jika kita pergi ke Rusia, ini adalah souvenir yang dijual di mana-mana. Bentuknya benar-benar unik. Boneka dengan sistem  kuno sepenuhnya produk alami, dimana dibuat dan dicat dengan tangan. Perhatian terhadap detail dan ketrampilan kreatif para seniman Matryoshka sangat memukau.
Ukurannya mulai dari yang  besar, berturut-turut dengan versi yang lebih kecil, sampai ke yang sangat kecil. Sampai-sampai diperlukan kaca pembesar untuk mengecat dan melihatnya. Tiap setnya terdiri dari 3-40 buah boneka dengan harga beragam dan dikerjakan dalam 5 hari s/d 18 bulan. Wow! 
Hingga saat ini, asal dari boneka Matryoshka ini masih belum jelas. Diyakini bahwa boneka ini pertama kali muncul sekitar 100 tahun yang lalu. Modelnya berasal dari boneka kayu di pulau Honshu, Jepang yang dibawa ke Rusia. Tapi menariknya, Jepang malah mengklaim, bahwa boneka mereka terinspirasi oleh karya seorang biarawan Rusia. Biarawan ini menciptakan kayu yang menggambarkan sosok pria, baik hati tua botak dianggap mewakili seorang bijaksana Buddha. 
Boneka bersarang ini pertama kali "lahir" tahun 1890  pada  "Children's Education Workshop" di kota Abramtsevo, dekat Moskow.  Diukir oleh Vasily Zvyozdochkin dari desain Sergey Malyutin, yang merupakan pengrajin rakyat / pelukis di kawasan Abramtsevo. Ada pula peran Savva Mamontov, seorang pengusaha dan pelindung seni di Rusia. Set boneka ini dilukis oleh Malyutin sendiri. Set boneka Malyutin terdiri dari delapan boneka.  Terdiri dari seorang gadis (paling luar) memegang ayam, enam boneka dalam  yang merupakan gadis-gadis. Boneka kelima masih kecil, dan paling dalam masih bayi.

Matryoshka (original) yang pertama kali dibuat oleh Zvyozdochkin and Malyutin

Pada tahun 1900, istri Savva Mamontov membawa set boneka ini ke Pameran Dunia di Paris dan mendapat medali perunggu. Segera setelah itu, boneka matryoshka diproduksi lebih banyak lagi di Rusia.
Workshop awal di Rusia itu juga  bertujuan untuk  pelestarian mainan rakyat petani Rusia yang mengenakan kostum daerah. Tim pengrajin mainan rakyat ini membuat gagasan: cara apa yang bisa dilakukan untuk mewakili sebuah keluarga petani? Sudah ada boneka kayu biasa. Jadi merekapun membuat set boneka yang terbuka, "turun temurun", yang mengungkapan serangkaian angka didalamnya. Boneka pertama adalah seorang gadis dan mereka menamai dia Matryoshka. Prototipe pertama masih ada dan dapat dilihat di Museum of Toys di Sergiev Posad, Rusia.
Kata Matryoshka berasal dari nama seorang ibu petani Rusia berbadan gemuk, bernama Matryona (Maria). Dalam bahasa Rusia, kata Matryoshka dikaitkan dengan kata "Ibu" dan  lambang kesuburan. Tidaklah mengherankan, kalau  kemudian banyak gambar boneka Matryoshka berupa  ibu-ibu gemuk untuk boneka terbesarnya, mengecil menjadi seorang gadis, lalu jadi anak dan bayi. Tergantung pada tema imajinasi pembuatnya. Bisa saja dari dongeng Rusia kreatif, cerita gereja-gereja Rusia dan arsitektur kota-kota Rusia, hidup tradisional Rusia dan sebagainya. 
Saat ini, ada beberapa jenis produk Matryoshka. Di satu sisi, sangat disesalkan bahwa, karena popularitasnya, Matryoshka telah menjadi korban dari keberhasilannya. Ada banyak versi sekarang ini yang membanjiri pasar, dengan kwalitas yang buruk dan murahan.  Namun masih ada  beberapa seniman besar yang  menghasilkan karya set boneka ini dengan kwalitas  yang luar biasa. 

Cara membuatnya: 
Dibuat dari balok kayu yang dibelah dua. Sepotong kayu ini terbuat dari bagian atas dan bawah. Proses ini berlanjut sampai ada kayu yang sangat sedikit. Kayu diukir menjadi oval. Potongannya disesuaikan dengan model. Potongan-potongan itu lalu dicat dan bersarang di dalam satu sama lain.
(Sumber: Wikipedia dan Angelfire)
Matryoshka Polandia (Mamushka). Oleh-oleh dari seorang teman, Athina Pontikou.


Cap "Handmade in Poland" di belakang boneka terbesar.


Matryoshka "Dewi Sri" (dewi kesuburan) produksi Singapura. 
Pemberian Tante Upik. Ini 3 terkecilnya. 2 lebih besarnya tidak dikasih ke saya...

Matryoshka saat ini: ada original, KW 1, KW2 dst nya. Yang ini saya beli dari "pernik apik unik asik". Ada yang pernah tinggal di Rusia, dan punya kebanyakan barang. Jadilah dijual... Tapi yang ini kayaknya KW 3 nya deh.. karna buatannya tidak rapi, catnya juga belepotan. Dan tidak ada cap handmadenya. Tapi tetap bagus siih...

Pengen banget bikin Matryoshka pakai kebaya, kain dan sanggul.... cantik pasti ya..

{Lila}

Foto teman dengan Matryoshka:


Jeng liiil.. aku belum sempet pamer ini kepadamu... aku kemarin baru dapet matrioska lucuw di pasar loak Ampcorp Mall KL.. yang lucunya dia jilbab-an.. hihihi... aku kasih nama dia Maimuna.. tapi si Maimuna ga ada anak2nya, cuma sendiri aja.. mungkin karena dia bekas ya.. harganya 15 ringgit. kapan mau kenalan sama maimuna? (Wawah)


"I'm a divine mother" (Athina)

No comments:

Post a Comment