28 May 2011

Cerita Hamil: 32 Minggu. Si Mbok Lila

Nggak kerasa udah masuk bulan ke 8 kehamilan. Berat badan udah 65 kilogram. Kata orang-orang sih, saya tidak terlalu keliatan jadi gemuk banget. Muka dan kaki saya juga tidak jadi bengkak-bengkak. Tapi perut saya termasuk besar. Janin saya sudah 2,1 kilogram beratnya. Dalam 2 minggu, kenaikan berat badannya 500 gram.

Pada minggu ke 31, posisi bayi sempat sungsang. Kepalanya ada di atas. Dokter menyarankan saya untuk melakukan gerakan seperti sujud shalat, lalu menempelkan bahu dan kepala di kasur selama 10 menit siang dan malam.

3 minggu belakangan saya juga terserang batuk karena cuaca panas dingin yang berganti-ganti dan alergi dengan debu juga makanan gorengan. Batuk-batuk ini juga mungkin yang akhirnya membuat posisi bayi saya tidak sungsang lagi (hasil periksa minggu lalu ke dokter).
"Anaknya pengertian iki, tau mbok e sakit", kata dokter saya dengan logat jawanya yang kental.

Kehamilan 8 bulan. Selain batuk sampai salah urat, saya juga sudah mulai susah mengatur posisi tidur. Perut yang semakin besar dan pinggang yang terasa pegal merupakan penyebab utamanya. Kalau kita gendut, saat berbalik badan waktu tidur, lemak di perutpun akan ikut bergerak. Tapi kalau hamil, perutnya tetap keras dan tidak lentur bergerak. "Jadi si mbok ya ngono kui. Nombok dimana-mana", lagi-lagi dokter saya mengingatkan keadaan simbok saat hamil. Hihihi... geli juga dengernya...

Janin saya juga lebih sering "joget". Apalagi saat saya makan atau minum susu. Juga saat posisi duduk yang tidak nyaman. Di bulan-bulan ini juga saya sudah lebih banyak membatasi diri bepergian dan mulai mempersiapkan mental untuk melahirkan nanti. Selain itu, saya selalu merasa gerah dan kepanasan. Nggak heran, karena selama hamil terjadi peningkatan aliran darah dan semakin tinggi laju metabolisme tubuh.

Saran dari majalah Ayahbunda untuk kehamilan bulan kedelapan:
*Tetaplah tampil gaya
*Biasakan bernapas dalam supaya pasokan oksigen ke janin makin besar
*Mempersiapkan diri menghadapi  persalinan dengan metode relaksasi Hypnobirthing.
*Jadwal periksa ke dokter 2 minggu sekali


Hari ini menyempatkan diri ke pesta perkawinan April di Magelang. 
Lihat perut saya yang semakin besar... :)

Semoga saya, Abu dan janin kami nanti menjadi tim yang kompak. Jadi, kami bertiga nanti akan sama-sama mendukung di meja persalinan nanti. Amiiiiinnnn.........Doakan si Mbok yaaaa.... 

(Si Mbok Lila)

2 comments:

  1. hehehehhe... SIAAAPP!! simbok Lila dan babeabu okeee!!! ihhi

    ReplyDelete
  2. tante Ria... jangan lupa ya.. aku mau yang digantung2 di atas itu lhooo.... (titip ngomong Ri, dari janinku... :))

    ReplyDelete