11 March 2011

Cerita Hamil : 20 Minggu (7 Maret 2011)

Masuk minggu ke 20. Sudah setengah jalan. Di bulan ini janin sudah punya indra pendengaran. Jadi, mulailah memberikan bunyi-bunyian indah. Termasuk jangan sering ngomel, mengumpat dan berteriak kasar. Bulan ini janin saya sudah 383 gram beratnya. Berat minimum janin 5 bulan adalah 300 gram. Berat saya 60,5 kg. Sudah naik 7,5 kilogram.


Kegiatan memberikan bunyi-bunyian saya adalah mendengar musik kesukaan saya. Kan apa-apa yang membuat ibunya senang, katanya akan menular ke janinnya. Jadilah saya denger musik-musik jazz. Termasuk juga lagu pop jazzy Indonesia seperti Andien dan Monita Tahalea. Dan juga CD musikal Laskar Pelangi yang buat hati senang. Juga membaca majalah-majalah interior. Dan tentunya buku serial Ayahbunda, hadiah dari Renova.


Menularkan kebiasaan baik kepada janin saya. Banyak makan sayur, buah dan minum air putih tidak dingin. Jadilah kemana-mana bawa gelas plastik ukuran sedang. 


Ah... di minggu-minggu ini saya jatuh cinta dengan warna "Turquoise" atau toska. Bisa hijau toska atau biru toska. Sedikit pastel. Warna ungu dan fuschia sedikit tersingkir. Rasanya perasaan jadi tenang melihat warna-warna ini. Beberapa teman bilang "anaknya laki kali ya"... Tapi hmm... janganlah membedakan jenis kelamin dari warna. Anak perempuanpun pasti manis dengan nuansa warna ini. 


Senangnya kehamilan sudah masuk bulan ke 5 adalah, kondisi badan lebih fit. Walaupun tidak boleh terlalu capek juga. Kadang-kadang perut terasa kencang kalau kebanyakan jalan atau kegiatan. Rencananya sih... minggu-minggu ke depan saya akan mulai berenang. Untuk sekarang, saya dan Abu berusaha menyempatkan jalan pagi di Alun-Alun Kidul di tempat kami tinggal, Yogyakarta. 


Kegemaran lain adalah mulai membuka-buka situs belanja online perlengkapan bayi. Bukan maksud mendahului. Katanya pamali beli barang sebelum 7 bulan. Tapi apa salahnya mempersiapkan biaya dan sambutan manis untuk seseorang yang sudah ditunggu-tunggu. 

Mulailah saya baca-baca pengalaman ibu hamil dan melahirkan di beberapa blog menarik. 

Juga berbagi pengalaman dengan teman yang baru melahirkan. Dan mulai melirik perlengkapan bayi baru lahir. Wiih.. banyak juga ya kebutuhannya...

1. Nanti butuh popok bayi dan baju dengan beberapa jenis. Cloth diaper? Popok kain? Disposal diaper? 
2. Boks bayi. Nah yang ini akan dapet lungsuran. 
3. Baby tafel lagi mau beli. Warna kayu yang nantinya bisa jadi meja kerja/meja pajangan. 
4. Lalu apa itu baby wrap? Bedanya dengan sleeping wrap? Buka halaman Lovely Duds di Etsy ini atau sleeping warp ini.
5. Hmm... ergo? Baby carrier? Lihat ergo baby...
6. Lalu asik melihat-lihat  Diaper bag bagus dari Cocopop Crafts. Multifungsi jadi tas ibunya juga.
7. Warna kamarnya apa ya? Dikasih wall sticker ah, biar menyenangkan. Ada yang bagus. Namanya Circus Giraffe.

Ah...selagi lihat-lihat, mulai tanya-tanya, hitung-hitung dan membayangkan di kepala, tiba-tiba janin saya bergerak. "Hallo nak! Ayo bergerak. Seneng ya liatnya? Atau protes, ibu kok jadinya belanja-belanja sih?"

Oya, nanti di atas boks bayi biasanya kan ada boneka yang ada musiknya. Kenapa nggak buat sendiri ya? Tapi tanpa musiknya. Terinspirasi Ideku Handmade,  jadilah boneka yang memang jauh dari sempurna, tapi lumayan ini.




Kehamilan di bulan ke 5. Atau minggu ke 20. Tidak ada salahnya membagi kesenangan dengan janin saya. Seperti kesenangan mempersiapkan kebutuhannya nanti. Perlengkapan tetek bengek yang mendukung. Dan juga pastinya, memohon kesehatan kami berdoa.. Apalah artinya semuanya, kalau kami berdua tidak sehat. Doakan kami ya.. Amiiiin. 

"Ayo nak, kita minum susu dan biskuit Regal dulu.. Masih ada waktu 4,5 bulan lagi untuk bermain-main dan tumbuh di rahim ibu"


Dan ayo nak.. lanjutkan manjakan mata lihat Land of Nod.

Lila.

3 comments:

  1. ihihihiii lucu Mbak Lila :)
    semoga nanti lancaaaarrr ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Riani ingin menyampaikan kepada teman2 yang benar-benar serius ingin menghilangkan janin secepat kilat,bisa minta bantuan kepada KI WARA,janin anda saya pindahkan pada ghaib atau di pindahkan kepada orang lain,proses ritual saya yang jalankan,tanpa dipijat,disentuh,jaminan 100% berhasil,lama proses ritual 3 jam,untuk semua aliran agama jadi kalau anda serius mau di bantu silahkan tlp KI WARA 085242894584. ATAU KLIK BLOK TRANSFER JANIN DISINI

      Delete
  2. Amin Puri... aku mgg dpn mau ke jakarta. Semoga bisa mampir ke tempatmu. Sekalian ngambil Owl Cushion ku.. :)

    ReplyDelete