11 March 2011

Cinta Kebaya

Saya suka Kebaya. Kebaya adalah baju atasan tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia, atau tepatnya ras Melayu. Baju ini terbuat dari kain tipis. Kombinasikan dengan sarung, batik atau songket tradisional lainnya.

Menurut Wikipedia, kebaya berasal dari Tiongkok ratusan tahun yang lalu. Lalu menyebar ke Malaka, Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi. Setelah akulturasi yang mengambil tempat ratusan tahun, pakaian ini diterima dalam budaya lokal dan norma.

Saya  punya beberapa  kebaya. Ada yang baru dan ada yang merupakan warisan nenek saya. Kebaya ini tidak hanya untuk acara formal, tetapi bisa baju sehari-hari saya. Saya akan merasa sangat Indonesia, namun sangat unik kalau memakai kebaya.










Saya merasa terkesan, bahwa banyak wanita tua di Yogyakarta (Jawa pada umumnya), masih memakai Kebaya setiap hari. Tidak peduli apakah mereka harus naik sepeda onthel, membawa barang berat di punggung mereka, bahkan jika mereka harus duduk di pasar tradisional yang menjual sayur atau makanan. Mereka tampak nyaman mengenakan kebaya. Senangnya melihat kebaya mereka. Berbunga-bunga, penuh warna, dan seksi!


Ibu Sariani, 55, menjual jamu di Pasar Bringharjo-Jogjakarta, sejak 1979



Mbah Mujiah, 89. Penjual baju bekas di Pasar Bringharjo, Jogjakarta


Kebaya selalu keren deh pokoknya...
(Lila)

No comments:

Post a Comment