26 March 2011

Cerita Hamil : 24 Minggu

Wah..nggak kerasa. Udah 6 bulan aja kehamilan. Alhamdulillah. Terima kasih Tuhan. Bersyukur karena kehamilan itu kan pemberian. Ajaib lho, ngerasain ada calon manusia dalam tubuh kita. 

Hari Kamis 24 Maret 2011 yang lalu saya pulang ke Jakarta. Saya dan Abu memutuskan melahirkan di kota tempat tinggal kami sekarang, Jogjakarta. Jadi, sebelum usia kandungan masuk 7 bulan, mau pulang bentar ah. Kangen-kangenan dengan keluarga, terutama ibu kami masing-masing. Seandainya saja ayah saya masih hidup.... :(

Dengan modal surat keterangan boleh terbang dari dokter, kami ke Jakarta naik pesawat udara. Jadilah saya masuk pesawat tanpa harus antri. Hanya itu perlakuan berbedanya. Lainnya sih... sama-sama aja. Rumah Jogja dititipkan ke Kiki. Kan ada Coki, anjing saya di rumah. Makasih ya Ki..udah nungguin rumah dan Coki.

Pulang ke rumah ibu saya rasanya senang. Pelukan hangat dan terharu saya dapatkan dari ibu saya. Senang dong ngeliat anak bungsunya datang dengan perut hamilnya. Sayang saya kena flu sejak 2 hari yang lalu. Jadinya sedikit batuk-batuk dan susah tidur. Pegel banget.. batuk-batuk. Akhirnya menyempatkan periksa ke dr. Waluyo SpOG di RS.Puri Cinere. Dokternya sabar dan baik. Waktu di USG saya buru-buru bilang, "Dok, jangan bilang jenis kelaminnya ya..kami mau kejutan aja". 

Jantung janinnya sudah terlihat jelas detaknya. Ginjalnya baik. Anggota tubuhnya terlihat lengkap. Plasenta letaknya diatas. Kepala bayinya menghadap ke bawah. "Semoga bisa melahirkan normal," begitu kata dr.Waluyo. Amiiin... 

"Coba kita lihat ginjalnya. Oh, bayi ibu baru saja pipis. Tiap jam bayi di perut kan pipis. Kalau lagi untung, kita bisa lihat pas di USG. Cuuur.. dia lagi pipis", cerita dr. Waluyo lagi. Hihihi...seneng ngeliatnya.

Minggu-minggu ini saya sudah harus sering jalan kaki santai paling tidak 30 menit /hari. Mulai merasakan tendangan bayi yang cukup kuat di perut. 

Ah... rasanya tidak sabar menunggu 3 bulan lagi.

(Lila)

*Perkembangan janin usia 24 minggu:
Janin sudah gesit merespons suara atau sentuhan dari luar. Reaksinya adalah bergerak-gerak.



No comments:

Post a Comment